Beranda / Kurikulum

Kurikulum

 Selasa, 05 September 2017 12:09 am   Wiyatamandala School of Business

Kami percaya bahwa generasi terkini membutuhkan cara pembelajaran yang lebih menyenangkan, independen dan modern. Untuk itu kami mengkombinasikan self learning dan active learning agar dapat mengoptimalkan kompetensi pembelajaran yang dicapai. Kurikulum yang berorientasi industri memastikan mahasiswa mendapatkan keahlian dalam dunia kerja. Keseluruhannya didukung dengan penggunaan teknologi edukasi terkini agar dapat mengakselerasi kegiatan belajar mengajar tanpa kehilangan unsur kesenangan yang menjadi faktor kunci.

Dalam perkuliahan awal diberikan mata kuliah yang memberikan fondasi keilmuan manajemen. Dasar manajemen & Dasar-dasar  bisnis serta beberapa mata kuliah yang melatih nalar dan logika dalam pemecahan masalah manajemen. Mahasiswa juga dibekali dengan mata kuliah yang bersifat umum seperti Bahasa Inggris dan Indonesia untuk menunjang kemampuan berkomunikasi saat ini.

Pada semester menengah mahasiswa diperkenalkan kepada mata kuliah peminatan untuk menunjang pemahaman teori dan praktik terhadap dunia bisnis terkini, beberapa mata kuliahnya adalah sebagai berikut:

  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen sumber daya manusia
  • Manajemen operasional

Saat semester akhir perkuliahan dirancang untuk dapat mengasah kemampuan mahasiswa dalam melakukan sintesis pengetahuan yang didapat dari berbagai matakuliah yang telah diambil secara komprehensif agar dapat melatih kemampuan analisis, pemecahan masalah, berpikir kreatif, dan aplikatif.  Contoh mata kuliah tingkat akhir adalah:

  • Manajemen Stratejik
  • Studi kelayakan bisnis
  • Dan lain-lain

Peminatan

  • Marketing Management

Mempelajari cara pengelolaan marketing strategy dan marketing program yang unik serta mampu mengimplementasikannya di dunia bisnis, sesuai dengan kondisi pasar terkini dan mampu memanfaatkan segala keunggulan teknologi informasi dan komunikasi bagi di dunia bisnis.

  • Financial Management

Mempelajari prinsip-prinsip dan teori-teori keuangan yang diperlukan dalam pengambilan putusan-putusan keuangan, seperti putusan investasi, putusan pembiayaan, dan putusan pembagian dividen yang bertujuan untuk memaksimalkan kesejahteraan para pemegang saham.

  • Entrepreneurship

Mempelajari bagaimana proses pengembangan sebuah bisnis secara professional dan baik. Mahasiswa diajarkan proses kreatif untuk menggarap ide bisnis, penyelesaian masalah dan pengembangan tim yang solid. Mahasiswa akan banyak mempelajari kasus bisnis yang terkini dan serta mendapatkan simulasi bisnis yang didukung tenaga praktisi yang ahli di bidangnya.

  • Human Capital Management

Mempelajari bagaimana proses manajemen sumber daya manusia yang baik dan teratur. Diajarkan teknik untuk seleksi karyawan, diperkenalkan setiap metode yang umum untuk seleksi dan kelebihan dari setiap teknik. Selanjutnya saat karyawan diterima mahasiswa juga dibangun kemampuan untuk melakukan penilaian secara berkala dan memberikan reward, punishment serta empowerment bagi karyawan.

Kompetensi lulusan

  1. Menguasai dan mampu menerapkan keahlian dasar manajerial (basic managerial skills) untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang industri kreatif.
  2. Memiliki jiwa dan keahlian wirausaha, serta kepekaan sosial yang tinggi.
  3. Mempunyai daya analisis dan kemampuan memecahkan masalah bisnis dan manajemen.
  4. Memiliki pengetahuan terhadap teknologi informasi terkini dan wawasan global terhadap bisnis.
  5. Berbudi pekerti luhur, memiliki komitmen dan tanggung jawab, berpegang teguh pada prinsip kejujuran, serta menghargai etika bisnis dan profesi.

Kompetensi pendukung, yakni :

  1. Memiliki jiwa leadership dan teamwork.
  2. Menguasai bahasa Inggris dengan baik.
  3. Mempunyai kreativitas dan inovasi.
  4. Memiliki kemampuan presentasi dan public speaking yang baik.
  5. Mampu beradaptasi dengan dunia kerja dan perkembangan bisnis Internasional yang dinamis.

 

KARIR


Bagikan halaman ini